Mengenal kanker dan pencegahanya

Apa itu Kanker? Bagaimana cara Mencegahnya?
     Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata Kanker. Banyak sekali diberbagai media massa mengulas masalah kanker. Apalagi baru saja diperingati hari kanker sedunia pada tanggal4  Februari kemarin. Tetapi apakah kita sudah paham mengenai kanker? Dan bagaimanakan sikap kita menyikapi masalah kanker?Secara umum ulasan lebih lanjut mengenai kanker akan dibahas berikut ini.
     Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengestimasikan bahwa 84 juta orang meninggal akibat kanker dalam rentang waktu 2005 dan 2015. Sedangkan hasil Riset Kesehatan Dasar 2007 menyebutkan bahwa prevalensi penyakit tumor di Indonesia adalah 4,3.
     Kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:
- Tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
- Menyerang jaringan biologis di dekatnya.
- Bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

      Ketika sel normal (A) rusak atau tua (2), mereka mengalami apoptosis (1); sel kanker (B) menghindari apoptosis dan terus membelah diri.


  
     Berdasarkan penelitian, pada pria dewasa di Amerika Serikat, kanker yang paling umum adalah kanker prostat (33% dari seluruh kasus kanker), kanker paru-paru (13%), kanker kolon dan rektum (10%), kanker kandung kemih (7%), dan "cutaneous melanoma (5%). Sebagai penyebab kematian kanker paru-paru adalah yang paling umum (31%), diikuti oleh kanker prostat (10%), kanker kolon dan rektum (10%), kanker pankreas (5%) dan leukemia (4%).
       Sedangkan untuk dewasa wanita di Amerika Serikat, kanker payudara adalah kanker yang paling umum (32% dari seluruh kasus kanker), diikuti oleh kanker paru-paru (12%), kanker kolon dan rektum (11%), kanker endometrium (6%, uterus) dan limfoma non-Hodgkin (4%). Berdasarkan kasus kematian, kanker paru-paru paling umum (27% dari kematian kanker), diikuti oleh kanker payudara (15%), kanker kolon dan rektum (10%), kanker indung telur (6%), dan kanker pankreas (6%).
     Statistik dapat bervariasi besar di negara lainnya. Di Indonesia, kanker menjadi penyumbang kematian ketiga terbesar setelah penyakit jantung.


Apakah Penyebab Kanker?
   Kanker bisa disebabkan oleh faktor lingkungan dan faktor genetik. Sekitar 90-95% dari faktor lingkungan sedangkan 5-10% dari faktor genetik.
   Faktor lingkungan yang dapat menyebabkan kanker : Tembakau (rokok) (25-30%), diet dan obesitas (30-35 %), infeksi (15-20%), radiasi, stres, kurangnya aktivitas fisik, polutan lingkungan.
   Secara umum kanker disebabkan oleh pola hidup yang kurang baik. Seperti makan makanan yang serba instan, kurangnya makan sayuran, kurang beraktivitas dan kebiasaan merokok. Selain itu juga terpapar lingkungan yang banyak mengandung polutan. 
Bagaimana Cara Mencegah Kanker?
   Kejadian kanker bisa diminimalisir dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini ada tips yang bisa diterapkan untuk mencegah kanker.
a. Makanlah cukup buah dan sayur.
    Buah dan sayur mengandung serat yang berguna untuk menghilangkan karsinogen (zat yang menyebabkan penyakit kanker) dalam usus dimana air    bersama serat akan membuat feses menjadi lebih berat sehingga zat-zat karsinogenik dapat diencerkan.

b. Kurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak terutama lemak jenuh
     Makanan yang banyak mengandung lemak seperti daging, produk susu, makanan yang digoreng. Lemak yang banyak menyebabkan tubuh wanita untuk membuat estrogen (hormon seks wanita.) berlebih yang menjadi pertumbuhan sel kanker payudara dan organ lain.

c. Jangan mencoba merokok atau berhentilah merokok
     Asap rokok mengandung banyak kandungan kimia dan racun. Dengan tidak merokok akan mengurangi resiko terkena kanker paru.
d. Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari
    Aktivitas yang bisa dilakukan seperti senam, jalan, joging, dan sebagainya.
e. Hindari Alkohol
f. Menjaga berat badan di bawah tingkat obesitas
g. Menghindari terkena sinar matahari yang lama tanpa perlindungan tabir surya.
h. Vaksinasi
    Vaksinasi bisa mencegah jenis kanker tertentu yang disebabkan oleh virus
i.  Deteksi dini pada pertumbuhan kanker atau prakanker bisa menyelamatkan nyawa
   
j. Kurangi makanan yang serba instan
   Kanker memang sangat berbahaya dan mematikan, namun kita bisa meminimalisir dan mencegah terjadinya kanker dengan menerapkan pola hidup sehat dan teratur. Untuk ulasan mengenai kanker yang lebih spesifik akan  ditampilkan pada postingan selanjutnya. Tunggu kehadiranya.
    Demikian sedikit informasi, semoga bermanfaat.


Ayoo, olah raga teratur supaya sehat!!!
BIsa dengan jalan kaki atau jogging secara teratur cukup membuat anda lebih sehat.
 Jangan Merokok! tidak baik untuk kesehatan
 Atur diet yang sehat. Perbanyak makan buah dan sayur kurangi makanan yang berlemak


 Hindari alkohol! sudah haram, tidak baik juga bagi kesehatan

Kontrol Berat badan!! Kegemukan juga tidak baik untuk kesehatan

 Kurangi makanan yang serba instan!
Sumber referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kanker
http://medicastore.com/penyakit/3131/Pencegahan_Kanker.html
______2011.Mensana Informasi Kesehatan dan Media Sehat. Dinas Kesehatan Provinsi DIY: Yogyakarta

No comments:

Post a Comment

Posting

LAPORAN PENDAHULUAN / TEORI ASUHAN KEPERAWATAN (ASKEP) PASIEN DENGAN STROKE HEMORAGIE

LAPORAN PENDAHULUAN ASUHAN KEPERAWATAN (ASKEP) PASIEN DENGAN STROKE HEMORAGIE BAB I PENDAHULUAN        A.   Pengertian ...